Setelah Kemarin Klarifikasi Zamran Sekarang Gusjoy, Ada Apa Sebenarnya?

Posted on 242 views

Jakarta – Saksi pelapor dalam kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Gusjoy Setiawan pernah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni. Juru bicara Agus-Sylvi, Rico Rustombi menegaskan bahwa Gusjoy bukan bagian dari timses ataupun relawan mereka.

“Gusjoy Setiawan bukan bagian tim sukses dan juga bukan relawan Agus-Sylvi yang terdaftar di KPUD,” kata Rico kepada detikcom, Selasa (3/1/2017).

Terkait deklarasi dukungan Gusjoy yang bergabung dalam Tim Advokasi Rakyat, menurut Rico sah-sah saja. Dia mengatakan siapapun dapat memberikan dukungan kepada pasangan Cagub-Cawagub nomor urut 1 itu.

“Siapapun atau warga DKI memberi dukungan kepada paslon kami tentu kami hargai dan tidak bisa kami melarang mereka untuk memberi dukungan. Inilah demokrasi dimana setiap orang bebas berpendapat dan menyuarakan asal sesuai dengan ketentuan undang-undang,” jelasnya.

Dalam persidangan Ahok hari ini, kuasa hukum sempat menanyakan kepada Gusjoy apakah berafiliasi dengan salah satu Cagub. Gusjoy pun mengakuinya. Namun, Rico mengatakan hal itu tidak ada kaitannya sama sekali dengan Agus-Sylvi.

“Saya tegaskan sekali lagi, kesaksian yang bersangkutan dalam sidang Pak Ahok (mendukung salah satu Cagub) tidak ada kaitannya sama sekali dengan Agus-Sylvi,” tegas Rico.

“Kasus Pak Ahok yang sedang berjalan saat ini dalam dugaan penistaan agama jangan dicampur adukkan atau dikaitkan dengan dukungan atau kepada paslon kami. Dan jangan dikait-kaitkan karena jelas tidak ada kaitannya. Melalui pers juga kami menginginkan publik kritis atas pemberitaan yang selalu memojokkan paslon kami,” lanjutnya.

Dukungan Gusjoy ke Agus-Sylvi termuat di situs resmi Partai Demokrat (PD) www.demokrat.or.id. Situs resmi PD mem-posting artikel yang disertai foto soal deklarasi dukungan Tim Advokasi Rakyat tanggal 30 September 2016 ke Agus-Sylvi. Tim Advokasi Rakyat dipimpin oleh Gusjoy.

“Kami Koalisi Lembaga Advokasi yang tergabung dalam Tim Advokasi Rakyat menyatakan mendukung Mas Agus Harimurti dan Mpok Sylviana menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2022,” demikian pernyataan sikap yang dibacakan Ketua Umum Tim Advokasi Rakyat Gusjoy S, seperti dikutip detikcom dari situs resmi PD, Selasa (3/1).

(nkn/nkn)

sumber: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *